Kamis, 07 Agustus 2014

Komputer Terapan



PENERAPAN KOMPUTER



Di Bidang Teknik dan Imu Pengetahuan

Komputer digunakan untuk pengolahan data pada aplikasi teknik karena kecepatan dan ketepatannya
Komputer memudahkan menyelesaikan perhitungan2 yang sulit dan rumit dalam waktu yang cepat
Penerapan komputer juga memudahkan dalam penelitian dan riset pengembangan yang berbahaya jika dilakukan oleh manusia dan yg membutuhkan biaya yang besar dengan bantuan simulasi komputer.
Contoh penerapan dalam bidang teknik dan ilmu pengetahuan :

o Para ahli nuklir dapat membuat model rekator nuklir pd layer komputer tdk perlu membuat model sebenarnya (menghindari biaya dan resiko bahaya nuklir)
o Para ahli  kimia dapat menggunakan komputer  untuk  membuat model-model molekul dan melihat reaksi kimia melalui simulasi dalam pencampuran masing2 molekul.
o Ahli geologi menggunakan komputer untuk mempelarai keadaan tanah serta countour dari suatu daerah.
o Para    ahli    perancangan    bentuk    misalnya    perancangan    tata    ruang, mobil,arsitektur bangunan / rumah, menggunakan aplikasi dari computer aided design (CAD), program software yg sering digunakan adalah AUTOCAD.
o Perjalanan ke ruang angkasa yg memerlukan ribuan pekerjaan mendetail sangat dimudahkan dengan bantuan komputer dimana pengawasan dapat dilakukan melalui control di stasiun bumi maupun yg ada dalam pesawat.
o Untuk melakukan pengolahan data penelitian, khususnya analisis data statistic, aplikasi komputer pengolahan data sangat memudahkan para peneliti/pengguna


Di Bidang Bisnis

Kegunaan  komputer  pada  bidang  bisnis  adalah  unuk  menyediakan  informasi dengan cepat dan tepat, informasi ini sangat berguna baik dalam pengambilan keputusan maupun komunikasi dalam suatu bisnis.
Informasi  yang  beraneka  ragam  harus  tepat  pada  waktunya  dan  harus  tepat hasilnya untuk disampaikan ke para penggunanya, untuk itulah dibutuhkan alat pengolah data yang dapat menyediakan informasi tersebut.
Penyajian informasi yang cepat dan tepat telah menyebabkan penyajian informasi untuk pihak manajemen menjadi penting sehingga lahirlah system informasi manajemen (management information system)
Management Information System (MIS) merupakan system informasi yg sekarang banyak diterapkan pada perusahaan-perusahaan / lembaga-lembaga untuk menyediakan informasi yang diperlukan oleh semua tingkat manajemen.
Definisi MIS (Gordon B Davis) sbg berikut :
Suatu   system   informasi   yg   didasarkan   pada   komputer,   dirancang   untuk mendukung operasi, menyediakan informasi kepada manajemen untuk tujuan pengambilan keputusan di dalam suatu organisasi.






Upper / Top
Management




Strategic

Planning


Informasi utk pembutan kebijaksanaan dan penerapan strategi







Middle
Management




Management
Control


Informasi utk mengukur hasil kerja dan menetapkan tindakan pengendalian







Lower
Management                                    Operational
Control




Gambar. Sistem Informasi Manajemen


Informasi utk pengawasan kegiatan operasional
sehari-hari


Di Bidang Industri

Kegunaan komputer di bidang industri sekarang ini telah meluas digunakan karena memungkinkan proses produksi di dalam industru lebih efisien dan lebih efektif.
Dalam proses produksi komputer dapat digunakan untuk pengawasan numeric atau pengawasan proses (control proces)
Pengawasan  numeric  (numeric  control)  berarti  pengawasan  secara  otomatis terhadap posisi dan operasi mesin-mesin yang digunakan
Pengawasan Proses berarti menyediakan otomatisasi di dalam operasi proses yang kontinyu. Komputer untuk pengawasan proses digunakan pada industri yang mebuta otomatis proses produksi dan mengatur secara otomatis variable-variabel yang mempengaruhi proses produksi.



Di Bidang Perbankan

Kegunaan komputer di bidang perbankan untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen bank sendiri dan juga untuk meningkatkan pelayanan kepada pihak nasabah bank.
Saat ini dengan dikenalnya E-Commerce, maka pelayanan transaksi secara online dapat  diterapkan  dengan  disediakannya  ATM  kemudian  dengan  penggunaan internet memudahkan perbankan  dalam melakukan pelayanan kepada nasabahnya melalui INTERNET BANKING dan SMS BANKING



Di Bidang Pendidikan

Kegunaan komputer di bidang pendidikan adalah untuk membantu proses belajar mengajar
Untuk   membantu  proses  belajar  di   dunia   pendidikan  adalah  digunakannya komputer dalam mengajar maupun paket aplikasi komputer dalam membantu dalam proses belajar
Paket2   aplikasi   dalam   dunia   pendidikan   yang   digunakan   untuk   membantu memudahkan dalam mempelajari matematika, bhs inggris, dll.
Adanya internet memudahkan pembelajaran jarak jauh.


Di Bidang Kedokteran

Kegunaan   komputer   di   bidang   kedokteran   salah   satunya   adalah   untuk mendiagnosa penyakit dan menemukan obat yang tepat.
Komputer memudahkan dalam menganalisa organ2 tubuh manusia tanpa operasi dan memudahkan dalam menganalisa oragn tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat.
Penggunaan  komputer  dalam  dunia  kedokteran  ditandai  dengan  penggunaan system  CAT  (Computerized Axial  Tomography) pertama  kali  tahun  1973  untuk membuat gambar otak. Sekarang CAT digunakan utk mengambil seluruh organ tubuh yang lainnya.
DSR (Dynamic Spatial Reconstructor) digunakan untuk organ tubuh yang bergerak.

SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography) yang mendeteksi partikel- partikel tubuh yang ditampilkan dalam bentuk gambar. SPECT mempergunakan isotop radioaktif.
PET  (Position  Emision  Tomography)  juga  merupakan  sistme  komputer  yang menampilkan gambar yang mempergunakan isitop radiokatif.
NMR (Nuclear Magnetic Resonance). NMR bekerja dengan cara memagnetikkan nucleus (pusat atom) dari atom hdirogen, digunakan untuk mendeteksi kanker.


Di Bidang Penerbangan

Digunakan untuk mengatur jadwal penerbangan dan mengatur system pemesanan tiket.
Dengan bantuan komputer, pelayanan dan pengaturan jadwal penerbangan akan lebih cepat dan tepat.


Di Bidang Kriminalitas

Digunakan  untuk  menghasilkan statistic  kriminalitas  di  sautu  daerah  sehingga dapat membantu pengaturan patroli yang diperlukan.
Program komputer yg canggih yg telah dikembangkan adlh Crime Analysis Support

System yg dpt mengidentifikasi daerah yg kemungkinan akn trjd kriminalitas


Penggunaan  komputer  juga  dapat  digunakan  untuk  melakukan  pengawasan  /

patroli terhadap pengaturan lalu lintas

System komputer lainnya yang digunakan dalam bidang krimnalitas adalah :

o PROMIS     (Prosecutor-Offender     Management     Information     System)     yg dikembangkan Institut of Lawa and Social Research di Washinghton, yang dapat memberikan informasi mengenai masalah krimnalitas mana yg paling penting dan dapat memberikan informasi mengenai bukti-bukti tertuduh untuk dibawa ke pengadilan
o CATCH (Computer Assisted Terminal Criminal Hunt), digunakan di Kota New York  yg  menyediakan  informasi  mengenai  deskripsi  secara  mendetail  dari orang2 yang dicurigai dan akan ditampilkan di layer komputer
o MOTION (Metropolitan Orlean Total Information Online Network) yg digunakan untuk informasi sekitar 150.000 orang yg mempunyai latar belakang krimnalitas, meliputi sidik jari, nama samaran dan data mendetail lainnya
o ARJIS (Automated Regional Justice Information System) yg digunakan di San Diego utk menyediakan informasi mengenai sidik jari dan tingkah laku dari para pelaku krimalitas.



Di Bidang / Dunia Hiburan

Penggunaan komputer di dunia hiburan memudahkan dalam penyajian informasi.

Dalam dunia pertelivisian dan perfilman, komputer digunakan dalam pembuatan film-film yang memerlukan animasi khusus, misalnya film kartun  maupun yang memerlukan efek-efek khusus.
Paket-paket aplikasi untuk  animasi dan  efek merupakan program2 yang  sering digunakan dalam pembuatan animasi dan efek2 tersebut
Dalam bidang permainan, penggunaan komputer digunakan untuk mengisi waktu senggang dengan program-program  permainan (game)  yang  bermacam-macam. Saat ini program2 permainan game telah dibuat dan banyak ditemui di pasaran dengan berbagai permainan

0 komentar:

Posting Komentar